Kamis, 17 November 2011

Dayung - Sea Games, Kembali Sumbangkan Dua Emas Untuk Indonesia

Dayung Kembali Sumbangkan Dua Emas Untuk Indonesia

Kamis, 17 November 2011 - 13:59 · Topik: sea-games-2011
 - Tim dayung Indonesia menutup perebutan medali emas pada hari terakhir babak final cabang olahraga dayung nomor "rowing" dengan dua medali emas, di arena dayung SEA Games ke-26 Situ Cipule, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (17/11/2011).
Dua emas untuk Indonesia tersebut diraih dari nomor rowing jenis lomba Lightweight Women Fours (LW4-) dan Men Cox Eight (M8+) masing-masing jarak 2.000 meter, dengan mengandaskan lawan terberatnya kontingen Vietnam dan Thailand.

Pada jenis lomba LW4-, kuartet Sri Rahayu Masi/Femy Batuwael/Yayah Rokayah/Ratna berhasil mencatatkan waktu tercepat, tujuh menit 6,41 detik. Disusul tim dayung Vietnam (Nguyen Thi Thong/Hoang Thi Phuong/Le Thi An/Thi Nhat Bui) yang mencatatkan waktu tujuh menit 11,01 detik.

Selanjutnya tim dayung Thailand (Monchai Varapon/Phutmuen Photchani/Kanya Tachuenchit/Nichakul Nukooltham) yang menempati tercepat ketiga pada jenis lomba LW4- dengan catatan waktu tujuh menit 22,83 detik.

Dengan pencapaian waktu itu, maka kontingen Indonesia dari cabang dayung nomor rowing jenis LW4- meraih medali emas, medali perak diraih Vietnam dan Thailand meraih medali perunggu.

Sejak memasuki jarak 1000 meter tim Indonesia sudah mulai memimpin. Walaupun mendapat kawalan ketat dari Vietnam, akhirnya tim dayung Indonesia dari LW4- tersebut tetap berada di ranking pertama hingga memasuki garis finish.

Masuknya tim dayung Indonesia ke garis finish lebih awal dibandingkan dari kontingen negara lain, disambut sorak-sorai penonton yang berada di area finish arena dayung SEA Games.

Para penonton juga menyemangati tim dayung Indonesia dengan teriakan-teriakan "Indonesia-Indonesia", disertai dengan mengibarkan bendera merah-putih yang dipasang pada sebuah bambu.

Sementara itu, emas kedua untuk Indonesia pada hari terakhir dan pertandingan terakhir babak final rowing diraih tim beregu dayung dari jenis lomba Men Cox Eight (M8+) melalui Jamaludin/Prakasa Ramdan Deny/Ihram/Sukasna Ketut/Budi Aji Agus/Iswandi/Hallatu Thomas/Lakiki Muhammad Ali Darta/Jarudin.

Jamaludin dan kawan-kawan pada jenis lomba M8+ tersebut mampu meninggalkan tim dayung dari negara lainnya, termasuk meninggalkan tim lawan yang cukup tangguh, Vietnam dan Thailand.

Tim beregu Indonesia itu mampu mencapai waktu tercepat, lima menit 58,9 detik. Disusul tim dayung Vietnam (Vu Dinh Quyen/Tran Dang Dung/Nguyen The Phong/Nguyen Van Son/Nguyen Van Linh/Nguyen Van Nguyen/Duong Thanh Binh/Nguyen Dinh Huy/Duc Toan Luong yang mencatatkan waktu enam menit 1,80 detik.

Tim dayung Thailand (Somphorn Mueangkhot/Pongsakom Poomkaew/Anon Malun/Tawee Khaenwongkham/Methasit Phrompoem/Pittaya Meebun/Leam Kangnok/Pongsokan Phoomkaew/Nopphadol Sangthuang) harus puas mencapai waktu tercepat ketiga, dengan catatan waktu enam menit 2,90 detik.

Dengan capaian itu, maka pada jenis lomba M8+ Thailand hanya mampu meraih peraunggu, Vietnam meraih perak dan tuan rumah Indonesia meraih medali emas.
[ndis]

Tidak ada komentar: